Minggu, 01 Januari 2017

LAPORAN PRAKTIKUM PENYULUHAN



I.   PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Penyuluhan perikanan merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan sosial, sebagai ilmu sosial penyuluhan perikanan merupakan suatu ilmu yang mempelajari cara-cara dan proses perubahan pada manusia dan masyarakat agar perubahan tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan.
Pembangunan sebagaimana usaha pembangunan pada umumnya adalah ditujukan untuk modernisasi perikanan, baik manusianya dalam hal ini adalah petani ataupun usahanya. Umumnya pembangunan didasarkan pada cara pendekatan:
1.      Pendekatan pertumbuhan ekonomi.
2.      Berdasarkan pendekatan pertumbuhan sosial ekonomi.
Keduanya mempunyai tujuan akhir untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat (Anward Yus’a, 1986).
Penyuluhan adalah upaya untuk mempengaruhi masayarakat, petani, untuk membuat perubahan yang diinginkan.  Atau perubahan perilaku dalam teknologi perikanan (Slamet, 1979).
Masalah yang nyata dihadapi dalam  penyuluhan  adalah rendahnya tingkat penghidupan dari sasaran sehingga semua orang yang terikat harus meningkatkannya dan kurang lebih 40% penduduk dan negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia berada di bawah garis kemiskinan.
Salah satu cara untuk meningkatkan melaui penyuluhan, tidak mungkin dalam penyuluhan keprilakuan kita tidak mengetahui yang diperlukan oleh sasaran sehingga diperlukan survey dan sifat fisik sosial dan ekonomi pada wilayah tersebut. Dalam survey kita dapat mengetahui permasalahan-permasalahan yang tampak dan benar-benar diusulkan baik langsung maupun tidak langsung. Permasalahan tersebut dapat ditentukan prioritas penaggulangannya.
B.     Tujuan dan Kegunaan
Adapun tujuan dari praktek mata kuliah Penyuluhan di Desa Tabonio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut yaitu setelah mahasiswa mengikuti matakuliah  peyuluhan diharapkan  lebih memahami dan dapat membandingkan antara teori dan kenyataan dilapangan tentang materi kuliah penyuluhan seperti :
-          Pengertian,tujuan dan prinsip penyuluhan
-          Unsur – unsur penyuluhan
-          Komunikasi
-          Proses adopsi dan di fusi inovasi
Sedangkan manfaat praktik lapang ini untuk meningkatkan mutu dan kemampuanmahasiswa di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan menempatkan dalam pengetahuan masyarakat di desa.
C . Waktu Dan Tempat
            Praktik dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu tanggal 9 - 10 Desember 2014 dan bertempat di Desa Tabanio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar